Selasa, 16 Mei 2017

Jajanan Khas Jogja yang Bisa dijadikan Buah Tangan

Berwisata ke satu daerah tentu rasa-rasanya kurang komplit yaa tanpa ada beli oleh-oleh apa yang khas dari daerah itu.

Terlebih bila cocok lagi wisata ke Jogja, tau sendirikan Jogja yang telah populer bakal wisata-wisata pantai eksotis di wonosari serta wisata-wisata seperti sate klatak maupun gudeg.

Namun sayang rasa-rasanya bila anda wisata ke Jogja namun tidak bawain makanan khas Jogja yang begitu pas jadi oleh-oleh ini buat keluargamu. Apa sajakah sih oleh-oleh itu?

1. Kipo 
Kipo ini memiliki bentuk kecil imut-imut berwarna hijau serta diisi parutan kelapa bercampur gula jawa. Nama Kipo sendiri datang dari kalimat " iki opo " yang disingkat atau bila dalam Bhs Indonesia artinya ‘ini apa’. Kok dapat gitu? Tidak tau juga : p telah dari dulunya juga gitu kata orang tau.

Bahan untuk kulit kipo yang berwarna hijau itu terbuat dari adonan tepung ketan dengan sedikit santan serta garam, sedang berisi yang bernama enten-enten terbuat dari gabungan parutan kelapa dengan gula jawa. Untuk membuatnya sendiri, kulit serta enten-enten yang telah siap tadi lalu dipanggang yang bakal membuahkan rasa yang manis serta gurih. Warna hijau yang didapat itu tidak dari bahan kimia, namun dari pewarna alami dari daun suji. Jadi janganlah kaget bila menjumpai semuanya kue Kipo berwarna hijau serta berisi berwarna coklat, karna sistem pemanggangan tadi.

2. Tiwul
Tiwul satu diantara makanan khas yang datang dari Gunung kidul, Yogyakarta serta adalah satu diantara makanan memiliki bahan basic singkong atau ketela pohon. Tiwul terbuat dari gaplek yang disebut hasil olahan singkong yang sudah dikupas serta dikeringkan. Dari pengeringan itu sesudah di proses bakal didapat tepung singkong yang nanti bakal di proses jadi Tiwul.

Untuk nikmati Tiwul ini anda dapat setelah main ke pantai di wonosari selalu beli tiwul yang banyak di jajakan di tepi jalan selama jalan Wonosari.

3. Geplak 
Geplak yaitu makanan yang menggunakan bahan basic kelapa, gula serta pewarna makanan dan aroma sesuai sama selera. Makanan yang manis rasa-rasanya ini, saat ini variannya bukan sekedar sejenis saja. Rasa coklat, nangka, durian, atau vanila dapat kamu tentukan sesuai sama selera. Umumnya dihidangkan dengan warna menyolok sama dengan rasa-rasanya. Contoh durian ya warnanya serupa durian, bila contoh rasa coklat ya warnannya juga coklat.

Sumber : oleh oleh khas Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar